11 Aplikasi Al Qur’an dan Terjemahan di HP Android Gratis

Aplikasi Al Qur’an Terbaik di Android - Al Qur’an adalah kitab suci umat Islam sekaligus sebagai sumber dari macam sumber hukum. Keberadaannya menjadi tolak ukur setiap kejadian apapun yang ada di dunia dan akherat. Urgensi Al Qur’an yang demikian besar bagi umat Islam, sudah selayaknya mendapatkan perhatian secara khusus. Untuk itu wajarlah kiranya jika seorang muslim belum bisa dikatakan sebagai muslim sejati bila tidak mengenal kitab sucinya, Al Qur’an.

Aplikasi Al Qur’an dan Terjemahan di HP Android

Untuk itu, teknologi hadir menjadi sarana dalam mengenal lebih dekat dengan Al Qur’an. Diantara yang paling mudah dimanfaatkan adalah pemakaian aplikasi di dalam HP Android. Mengingat smartphone sudah menjadi salah satu gadget yang sedang trend dan sering dipakai mayoritas pengguna di seluruh dunia. Maka aplikasi Al Qur’an menurut tipsandronesia sangat layak untuk dikemukakan sebagai wadah yang tepat dalam berinteraksi dengan Al Qur’an.

Dan berikut ini beberapa daftar aplikasi Al Qur’an untuk Android yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk diunduh dan dinstall pada HP Android milik Anda. Apabila di temukan aplikasi Alquran yang berbeda denggan versi mushaf aslinya, bisa anda beritahu kami dengan cara komentar di bawah, terimakasih.

Daftar 11 Aplikasi Al Qur’an Untuk Android Gratis


1. MyQuran Indonesia

Aplikasi Al Qur’an pertama adalah MyQuran Indonesia. Aplikasi ini murni buatan anak negeri. Fitur yang menonjol dari aplikasi ini adalah terjemahan ayat per ayat dalam bahasa Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot menenteng kitab Al Qur’an saat membacanya, namun hanya memerlukan HP Android dalam genggaman saja. Hadirnya fitur terjemahan per ayat memudahkan dalam mengetahui isi Al Qur’an secara umum.

2. Al Quran al-Hadi

Aplikasi buatan anak negeri ini juga patut Anda install. Sebab memiliki fitur yang cukup untuk menambah wawasan seputar Al Qur’an. Fitur indeks tematik menjadikan aplikasi ini sangat mudah dipahami. Ditambah lagi muatan tema kajian ayat per ayat Al Qur’an yang dapat menambah ilmu Islam sesuai dalil dari Al Qur’an dan Sunah.

3. iQuran

Aplikasi Al Qur’an ini memiliki desain tampilan yang menarik dan terlihat rapi. Selain itu terdapat kemudahan saat membaca ayat suci Al Qur’an melalui aplikasi ini, karena telah dibuat berwarna sebagai penunjuk tajwid. Anda akan sangat menikmati saat mengaji dengan aplikasi menarik ini.

4. Ayat - Al Quran

Holy Quran adalah aplikasi besutan developer dari Universitas King Saud Arab Saudi. Menampilkan beberapa pilihan mushaf yang dapat dipilih dalam rangka mendapatkan kemudahan dan kenyamanan saat membaca Al Qur’an.

5. Marbel Juz Amma

Pengembang Educa berhasil membuat berbagai macam aplikasi edukasi, dari usia anak-anak hingga dewasa. Marbel atau Mari Belajar Juz Amma adalah aplikasi yang memuat seputar Juz ke-30 dalam Al Qur’an lengkap dengan daftar urutan surat dan artinya, serta panduan membaca huruf Arab dan latin. Ditambah lagi dukungan desain tampilan yang menarik membuat aplikasi ini sangat digemari.

6. Quran Tajwid Indonesia

Seperti namanya, aplikasi ini dilengkapi dengan tajwid dalam membaca Al Qur’an. Sangat pas bagi Anda yang masih kesulitan dalam membaca Al Qur’an terutama hukum-hukum tajwid yang ada. Selain itu memuat tafsir Al Muyassar dengan terjemahan bahasa Indonesia versi Departemen Agama dan juga terdapat puluhan variasi lantunan murattal dari berbagai Syekh Qori dalam bentuk MP3.

7. Belajar Al-Quran

Inilah aplikasi yang layak Anda miliki terutama bagi Anda yang masih belum bisa membaca Al Qur’an. Dalam aplikasi ini dimuat pembelajaran Al Qur’an metode An Nuur yang merupakan cara praktis dan cepat membaca Al Qur’a, mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, harokat atau tanda baca disertai latihan pada tiap-tiap sesinya. Saat Anda mengakses aplikasi ini, Anda akan merasa bahwa ternyata membaca Al Qur’an itu sangatlah mudah. Tidak percaya? Silakan dicoba.

8. Quran Android

Dari sekian aplikasi Al Qur’an android yang ada, hanya aplikasi Quran Android yang mendapatkan penilaian mendekati poin maksimal 5 pada Play Store. Pilihan berbagai macam suara Qori terkemuka menjadi daya tarik nan memikat aplikasi ini. Anda pun dapat mencobanya.

9. Al Quran 30 Juz Free Copies

Anda juga layak mengunduh aplikasi ini. Fitur indeks surat, navigasi, auto resize dan lain sebagainya membuat aplikasi ini sangat user friendly. Lebih lagi, pemasangannya tidak lebih dari 24MB saja. Cukup ringan bila dilihat keragaman fitur yang ada.

10. Al Quran with Audio

Seperti namanya, aplikasi ini berisi berbagai macam alunan merdu suara murattal dari qori-qori terkenal. Anda akan dimanjakan dengan tombol navigasi untuk mempermudah dalam mengakses aplikasi ini. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang sedang belajar menghafal Al Qur’an. Dan Anda pun dapat meniru irama murattal dari qori yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

11. Al-Quran & Terjemahan Indonesia

Aplikasi selanjutnya yang tak kalah bagus adalah Al Qur’an dan Terjemahannya.  Teks Arabic yang nyaman dibaca dan Tidak kalah dengan Al Quran with Audio, aplikasi ini juga memuat audio murattal Al Qur’an dalam bentuk MP3. Anda wajib memilikinya.

Penutup :
Sebagai wujud penghambaan diri terhadap Sang Pencipta Allah Subhanallahu Wa Taala, maka pendalaman mengenai kitab suci Al Qur’an adalah hal pokok bagi setiap muslim. Berbagai kemudahan dalam memahami Al Qur’an menjadi satu alasan kenapa mulai saat sekarang Anda harus menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan Al Qur’an.

Perlu pembaca ketahui, dari berbagai aplikasi Alquran digital di atas, bisa di unduh secara gratis di Playstore, namun tentu saja tidak semua aplikasi di atas tersedia terus-menerus, bisa jadi nama aplikasinya berubah atau aplikasi di atas di hapus oleh pihak developer.
Baca Juga : 15 Aplikasi Adzan Pengingat Waktu Sholat Terbaik di Android
Dan semoga aplikasi Al Qur’an untuk Android di atas dapat menambah referensi untuk memahami Al Qur’an secara khusus dan secara umum mampu mengenal Islam lebih dalam. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca ulasan Aplikasi Alquran Terbaik di Android.
Raditiya

Raditiya, Seorang Anak Muda Yang Suka Berbisnis Online, Anime, Gaming, Menulis dan Berbagi Informasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »