8 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android/iOS Lemot

3:04 PM
Bagaimana Mengatasi Smartphone Yang Lemot ? - Siapa yang tidak kesal ketika asik bermain smartphone tiba-tiba aplikasi berjalan lambat bahkan sampai macet. Hal ini sering kita jumpai terutama jika kita menggunakan smartphone keluaran lama dengan memori RAM di bawah 1.5 GB. Seiring majunya teknologi, saat ini banyak pengembang aplikasi yang terus melakukan update terhadap aplikasinya, dimana update tersebut juga berpengaruh terhadap konsumsi aplikasi terhadap memori RAM. Apabila dulu smartphone dengan RAM 1 GB saja sudah secepat kilat, kini dengan RAM 1 GB sudah sering menemui kendala seperti lemot dan macet totak misalnya.

5 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android/iOS Lemot

Agar pembahasan nanti bisa dipahami, bila ada kata “memori” berarti mengarah pada tempat penyimpanan dan kapasitasnya. Memori seolah sudah menjadi nama tempat penyimpanan khusus pembahasan teknologi ponsel karena ada istilah memori internal dan memori ekstenal. Padahal belum tentu memori yang dimaksud berisi memori. Karena memori sendiri lebih kepada isi atau ingatan bukan tempat ingatan.

Ingat! Jangan salahkan smartphone Anda bila terjadi lemot. Bila otak anda diisi berbagai informasi, maka anda tidak akan mengalami pemenuhan informasi dalam otak anda. Pada dasarnya tidak akan terjadi pemenuhan informasi dalam otak karena otak memiliki kapasitas penyimpanan yang unlimited. Bila terjadi error dalam pemikiran anda yang diklaim terlalu banyak informasi di otak, itu bukan murni 100% karena terlalu banyak informasi tetapi informasi yang banyak tersebut tidak diatur dengan baik oleh software (hati dan pikiran) anda.

Ada beberapa hal yang membuat Smartphone Android/iOS lemot namun pada intinya bersangkutan dengan memori. Hal ini bisa dianalogikan dengan tempat penyimpanan yang menyimpan sesuatu melebihi atau hampir melebihi kapasitas namun dipaksa untuk bekerja maksimal. Contoh saja perut. Bila terlalu banyak makan lantas dipaksa untuk lari cepat, justru yang terjadi malah tambah lambat lari alias lemot karena ada halangan dalam fungsi otot-otot gerak yang bisa membuat lari menjadi cepat.

Sehingga sebelum anda memakai smartphone, baru beli di toko ponsel, alangkah baiknya terlebih dahulu membaca spesikasi ponsel yang dibeli. Bagaimana kondisi RAM dalam smartphone anda? Bila RAM hanya 2 GB, bagaimana seharusnya dalam melakukan instal dan aktifitasnya? Lalu perhatikan internal memori karena bisa juga dalam menghambat kecepatan smartphone bila terlalu banyak data yang tersimpan.

Berikut adalah langkah praktis bagaimana mengatasi Smartphone Android atau iOS lemot agar smartphone bisa beraktifitas lancar :

5 Tips Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot


1. Hapus Jejak Aktifitas: SMS dan Cache

Memang pekerjaan yang membuat malas bila harus menghapus SMS di ponsel terutama di smatphone. Malasnya bukan karena layanan smartphone tidak menyediakan penghapusan massal tetapi karena ada sms penting sehingga menyulitkan untuk melakukan penghapusan secara massal. Biasanya sms dari rekan kerja akan selalu disimpan karena biasanya memiliki data yang penting. Namun bila terlalu banyak yang disimpan akan menggangu dalam menggunakan smatphone, terlebih jika RAM di bawah 1 GB.

Masalah lain adalah cache. Setiap aktifitas di ponsel termasuk Smartphone Android dan iOS, pasti ada cache yang merupakan memori sementara. Untuk itu jangan anggap remeh. Hapus segera cache di setiap aplikasi setelah tidak di gunakan.

2. Gunakan Kartu Memori Ekternal

Menggunakan kartu memori sangat bermanfaat dalam memberikan keluasan ruang memori internal karena sebagian besar data akan tertampung dalam kartu memori atau biasa disebut memori eksternal. Namun perlu dicatat, penggunaan kartu memori pun dalam jumlah data yang wajar, jangan mendekati penuh, karena bisa jadi akan lemot juga dalam menampilkan data yang diinginkan. Alangkah baiknya bila membeli kartu memori yang memiliki kapasitas penyimpanan dalam jumlah yang besar.

Namun untuk smartphone tertentu seperti Oppo R7 Plus, sepertinya tidak membutuhkan kartu memori mengingat kapasitas penyimpanan di memori internal sendiri mencapai 32 GB. Untuk kalangan profesional fotografer, mungkin smartphone tersebut bisa menjadi andalan.

3. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Penggunaan Auto Brightness bisa membuat aktifitas di smartphone menjadi lemot walaupun dalam batas ringan. Di samping itu, penggunaan Auto Brightness memang bisa menguras bateri lebih banyak. Hal ini karena fitur itu bertujuan untuk mengetahui intensitas cahaya dan melakukan penyesuaian anatra Android dan keadaan cahaya di area sekitar.

4. Atur Masalah Aplikasi

Smartphone Android memungkinkan bisa memiliki berbagai aplikasi yang sengaja diunduh dan di instal oleh pemiliknya untuk berbagai kepentingan seperti aplikasi toko online, game, sosial media dan sebagainya. Seiring penggunaan aplikasi yang bervariasi, biasanya akan melakukan aktifitas membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan atau tidak menutup aplikasi. Hal ini akan memperlambat kinerja Smartphone Android dari biasanya. Bisa dianalogikan dengan membuka berbagai website dalam browser di PC atau laptop yang bisa membuat lemot walaupun sementara.Untuk itu, tutup dulu aplikasi pertama, baru membuka yang baru.

Masalah aplikasi juga berkaitan dengan penginstalan. Di komputer atau laptop sendiri bila terlalu banyak software yang di-instal, maka akan mengurangi kecepatan. Hal ini karena berkaitan erat dengan memori internal. Begitu juga di Smartphone Android, maka terlalu banyak aplikasi yang diinstal maka memperlambat kinerja. Solusinya, bisa mengalihkan penginstalan di memori eksternal.

5. Jangan Memakai Live wallpaper

Di ponsel biasanya ada pilihan wallpaper sebagai tampilan di layar ponsel. Biasnya gambarnya bagus-bagus seperti ada love dan sebagainya. Namun ketika mencoba memasang wallpaper tersebut untuk tampilan ponsel, hasilnya malah memperlambat kinerja ponsel. Hal ini berlaku untuk semua ponsel termasuk Smartphone Android. Bila anda tidak mau Smartphone Android lemot, gunakan image sederhana saja sebagai wallpaper.

6. Smartphone Jarang di Restart

Smartphone juga butuh refresing, salah satu cara refresingnya ialah dengan merestart smartphone tersebut. Tidak perlu di matikan, cukup dengan restart saja sudah memberikan angin segar bagi smartphone. Percaya atau tidak, setelah di restart smartphone akan bekerja lebih optimal dan kembali normal. Jika sebelumnya memori RAM terkuras habis, setelah proses restart memori RAM yang tersedia cukup banyak dan smartphone jarang sekali lelet kecuali untuk aplikasi yang memang tidak support untuk smartphone tersebut. Maka dari itu aplikasi-aplikasi yang tidak support dengan smartphone kita sebaiknya di hindari.

7. Widget Yang Berlebihan

Percaya atau tidak, kebanyakan widget yang kita pasang di home screen sangat mempengaruhi kinerja smartphone dan ini penyebab smartphone menjadi lemot. Karena dengan widget yang terpasang, secara tidak langsung juga membuka aplikasi secara pasif yang juga menyedot memori RAM meskipun dengan ukuran kecil. Ya jika satu atau dua widget mungkin tidak masalah, namun jika ada puluhan, tentu sangat mempengaruhi kinerja memori yang menjadi biang keladi lemotnya smartphone. Cara menmgatasinya tentu saja dengan menghapus widget-widget tidak penting dan menyisakan beberapa widget yang penting saja. Cara ini cukup efektif dalam mendongkrak kecepatan pada smartphone.

8. Uninstall Aplikasi Tidak Berguna

Secara tidak langsung banyaknya aplikasi yang terinstall pada smartphone mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri. Memang seperti yang kita ketahui, banyak sekali aplikasi gratisan yang bisa kita instal di smartphone kita, ada puluhan, ratusan bahkan ribuan aplikasi. Sebesar apapun memori RAM sebuah smartphone, tidak mungkin muat menahan ribuan aplikasi di dalamnya. Jadi disini tergantung bagaimana kita managemen aplikasi di smartphone. Cukup gunakan aplikasi yang di butuhkan, sisanya unistall. Hal ini di lakukan agar aplikasi yang memang kita butuhkan bisa berjalan selancar mungkin.
Baca Juga : 5 Cara Mudah Meningkatkan Sinyal Wifi Yang Lemah
Itulah beberapa tips cara agar smartphone tidak lemot. Memang OS Android dan iOS memiliki perbedaan namun dalam hal kinerja memori tidak berbeda jauh. Cukup sekian yang dapat kami bagikan di kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot.
Raditz KilmZ

Raditiya, Seorang Anak Muda Yang Suka Berbisnis Online, Anime, Gaming, Menulis dan Berbagi Informasi

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »