5 Cara Mudah Meningkatkan Sinyal Wifi Yang Lemah

4:01 PM
Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi - Wifi yang kita kenal masih dianggap sebagai layanan koneksi internet tanpa mengharuskan menggunakan alat tertentu yang dihubungkan di komputer. Ketika ada informasi bahwa di area kampus terdapat layanan Wifi terbuka, banyak orang yang lansung membuka smartphone atau laptop untuk mengakses sinyal wifi gratis di area kampus tersebut. Ya, hal tersebut memang bukan rahasia lagi karena hampir semua orang tidak ingin melepaskan wifi gratisan begitu saja.

Cara Mudah Meningkatkan Sinyal Wifi Yang Lemah

Logika Wifi mungkin bisa dianalogikan dengan jaringan komputer yang ada di warnet. Semua komputer bisa dikontrol dalam satu komputer yang biasa diurus pengelola warnet atau biasa disebut penjaga warnet. Setiap data yang di simpan di tempat tertentu, misal di komputer A maka akan secara otomatis terkirim di komputer yang dikelola penjaga warnet. Namun kalau Wifi, lebih dari itu, yakni jaringan berbagi data namun tidak melalui kabel penghubung melainkan lewat gelombang radio. Lewat gelombang radio inilah, antar pengguna bisa berbagi data termasuk dalam hal ini adalah koneksi internet.

Hal itu pun didukung Wikipedia yang menyatakan bahwa "...sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi." Biasanya gelombang radio untuk kebutuhan Wifi lebih tinggi dari ponsel yaitu sekitar frekuensi 2,4 GHz atau 5,8 GHz.

Bagaimana mendapatkan layanan Wifi berupa koneksi internet? Hm... sepertinya perlu penjelasan sedikit. Pengalaman orang-orang, tetap menggunakan layanan dari pihak yang mengelola jaringan internet perumahan. Sebut saja Telkom, yang menyediakan layanan internet berbasis rumahan. Apakah bisa menggunakan modem? Ya tentu saja bisa bahkan saat ini sudah beragam pilihan paket yang di tawarkan. Selain itu kini sudah banyak provider lain yang juga menawarkan internet unlimited dengan harga yang bersaing.

Ketika sudah tahu seputar Wifi bahwa Wifi adalah layanan melalui gelombang radio, maka tetap membutuhkan sinyal-sinyal untuk kelancaran mendapatkan data termasuk adalah koneksi internet. Hal yang sering terjadi adalah penurunan sinyal Wifi. Biasanya Wifi menggunakan alat antena untuk mengirimkan sinyal Wifi yang nantinya bisa di terima oleh perangkat yang sudah di lengkapi dengan fitur wifi. Ada beberapa permasalahan mengapa sinyal Wifi mengalami penurunan dan perlu ditingkatkan.

Bila anda mengalami permasalahan penurunan sinyal Wifi, bisa melakukan beberapa langkah yang telah kami sediakan di bawah ini, dimana cara meningkatkan sinyal wifi sendiri sangat beragam. Mengingat kekuatan sinyal wifi di pengaruhi oleh banyak faktor.

Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi Yang Lemah


1. Memasang Antena Router Di Area Yang Tepat

Pemasangan antena khusus peningkatan sinyal berdasarkan pengalaman sebagian orang. Ketika di rumah ada antena yang lurus panjang tidak seperti antena televisi, nyaris seperti tiang, maka bisa dikatakan itu adalah antena untuk sinyal Wifi. Pengalaman penulis pernah melihat dari dekat pada orang yang memasang antena khusus untuk koneksi internet menggunakan Wifi. Memang benar, antena mirip tiang. Mirip tiang yang di maksud adalah karena mengunakan tiang besi dan antena kebetulan betuk lurus. Ketika tidak memakai tiang besi, maka bisa mengalami roboh. Jelas sekali, tiang milik orang yang pernah saya lihat ternyata roboh ketika terjadi angin besar.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan antena Wifi adalah berada di tempat yang tidak berada di sekitar pohon-pohon besar. Hal ini perlu diatasi dengan cara memotong pohon besar atau meninggikan tiang besinya untuk melebihi tinggi pohon.

Ingat! Meningkatkan sinyal Wifi di sini adalah untuk Wifi rumahan yang terbilang tidak terbuka untuk umum. Bila sinyal Wifi untuk ruangan terbuka, maka sudah diatur dengan baik oleh pihak pengelola Wifi seperti dalam kampus, perusahaan dan sebagainya. Ketika Wifi untuk ruang terbuka, maka masalah sinyal diserahkan pada individu pengguna untuk bisa meraih peningkatan sinyal.

Mungkin saja jenis peningkatan sinyal untuk tiap penyedia jaringan internet berbeda-beda. Ada yang hanya memakai antena atau tanpa antena.

2. Layanan Koneksi Internet Wifi Berbanding dengan Pengguna

Tujuan meningkatkan sinyal Wifi untuk apa sih? Untuk menghasilkan koneksi internet yang cepat kan? Hal ini akan menjadi sia-sia saja bila terlalu banyak pengguna yang memanfaatkan Wifi. Karena secara otomatis sinyal akan tersebar diberbagai penjuru, ke para pengguna Wifi. Hal ini bisa diatasi dengan lima cara, antara lain :
- Pertama, menambah kualitas layanan internet walaupun menambah biaya tentunya.
- Kedua, mencari waktu dimana para pengguna Wifi tidak sedang menggunakan layanan internet.
- Ketiga, menggunakan teknologi Wifi terbaru.
- Keempat, gunakan WiFi Repeater untuk penerimaan sinyal dan terpancar kembali dengan lebihkuat.
- Kelima, Mengontrol bandwidth agar tidak terjadi kebocoran ketika pemakaian koneksi Wifi sehingga aman dari lemot.

3. Perbaiki Sistem Keamanan

Bila membuka layanan Wifi untuk kebutuhan umum di area sekitar misal kampus atau perusahaan, maka tidak perlu mempermasalahkan penggunaan internet untuk sembarangan orang. Namun untuk kalangan tertentu, semisal hanya untuk anggota keluarga, pastikan bahwa akun Wifi pribadi terjaga dengan baik. Jangan ada bisik-bisik tetangga akibat anda latah mengucapkan akun Wifi atau ketahuan menggunakannya. Bila sudah ketahuan dan anda tidak mengetahui hal itu, maka bisa mengalami kebocoran koneksi Wifi.

Bila ternyata kecolongan koneksi Wifi, bukan hanya merugikan dalam hal kecepatan koneksi juga bisa mengurangi quota internet bila memakai perbatasan jumlah kuota. Alangkah baiknya bila menggunakan quota unlimited yang bisa berlangganan di penyedia layanan koneksi internet sehingga bila terjadi kecolongan akun pribadi, tidak sampai mengalami pengurangan quota karena memang tanpa ada batas quota.

Untuk kelas profesional mungkin saja bisa membobol akun Wifi anda. Maka dari itu bisa gunakan gunakan password yang rumit serta gunakan enkripsi WPA2.

4. Cari Posisi Yang Tepat

Sinyal wifi memang tidak bisa di lihat menggunakan mata, namun sama halnya dengan sinyal lainnya. Sinyal wifi bisa terhalangi oleh berbagai benda di sekitar router wifi terutama tembok. Apalagi jika bangunan tersebut bertingkat, di pastikan sinyal wifi berkurang bahkan menghilang. Maka dari itu carilah tempat bebas penghalang agar sinyal wifi penuh dan internet lancar.

5. Jauhi Perangkat Elektronik Lain

Beberapa perangkat elektronik bisa mengganggu kekuatan sinyal dari wifi, salah satunya adalah router wifi yang lain. Ternyata selain itu masih ada alat elektronik lainnya yang mengganggu kekuatan sinyal, yakni Microwave. Untuk mengatasi hal ini jauhkan router dari perangkat-perangkat tersebut. Untuk mempermudah bisa menggunakan router dual band yang bisa memindahkan frekuensi dengan mudah.
Baca Juga : 9 Cara Agar Baterai Android/IOS Awet dan Tidak Cepat Habis
Itulah beberapa tips untuk meningkatkan sinyal wifi. Dengan sinyal yang penuh, internet pun menjadi lancar. Kami rasa cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca informasi seputar Cara Mudah Meningkatkan Sinyal Wifi.
Raditz KilmZ

Raditiya, Seorang Anak Muda Yang Suka Berbisnis Online, Anime, Gaming, Menulis dan Berbagi Informasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »