9 Cara Agar Baterai Android/IOS Awet dan Tidak Cepat Habis

10:44 PM
9 Cara Menjaga Baterai Android/IOS - Memiliki smartphone dengan daya tahan baterai yang mumpuni merupakan keinginan semua orang, karena percuma memiliki smarphone dengan spesifikasi "gahar" sekalipun jika daya tahan baterainya lemah. Memang saat ini smarphone rata-rata di bekali dengan baterai berkapasitas besar, namun kapasitas besar belum tentu menjamin ketahanan baterai, apalagi jika smartphone tersebut membawa beragam fitur serta spesifikasi jeroan yang boros baterai maka dapat di pastikan jika smarphone mudah sekali mengalami low-bat.

9 Cara Agar Baterai Android/IOS Awet dan Tidak Cepat Habis

Tidak ada perbedaan mencolok antara smartphone berOS android, IOS, windows phone maupun OS lainnya. Karena pada dasarnya piranti dan fitur yang ada di dalam smartphone sama saja mulai dari hardware hingga softwarenya.

Pada umumnya smartphone memiliki baterai yang awet ketika masih baru, yakni di bawah usia 1 tahunan, setelah itu tentu saja kualitas baterai menurun yang berdampak pada lama penggunaan baterai itu sendiri. Sebenarnya solusi terbaik bagi anda yang ingin memiliki smartphone dengan daya tahan baterai yang lama ialah dengan cara membeli smartphone dengan baterai ukuran jumbo, yakni di atas 4000 mAh. Namun sebelumnya pastikan jika smartphone tersebut sudah teruji ketahanan baterainya. Karena seperti yang telah kami jelaskan di atas, tidak semua smartphone dengan baterai berkapasitas besar memiliki daya tahan baterai yang awet.

Langkah jitu selanjutnya ialah merawat baterai dengan baik, terutama dalam hal pengisian ulang yang mana ini sering disepelekan sehingga baterai cepat rusak dan berdampak pada kualitas serta isi dari baterai itu sendiri. Nah, disini tipsandronesia memiliki beberapa tips cara agar baterai smartphone tahan lama, bagaimana caranya? simak ulasannya berikut ini.

10 Cara Agar Baterai Android/IOS Awet Tidak Mudah Rusak


1. Bijak Dalam Merawat Baterai

Merawat baterai merupakan langkah terbaik untuk menjaga daya tahan baterai, lantas merawat dalam artian bagaimana? merawat disini yakni menjaga baterai dalam kondisi yang semestinya, dalam hal ini menyangkut beberapa hal yang semuanya mengarah pada pengisian ulang, antara lain :

- Segera Charge Saat Ada Peringatan "Low-Bat"
Ketika ada peringatan baterai lemah (low-bat) ini menandakan jika smartphone membutuhkan charge segera, jika anda ingin usia baterai tahan lama maka jangan sampai menunda hal ini. Karena membiarkan baterai dalam keadaan low-bat atau bahkan kehabisan daya membuat baterai semakin mudah boros bahkan rusak.

- Hindari Penggunaan Smartphone Saat Di Charge
Memang sangat sulit di lakukan, bahkan admin sendiri sering sekali menggunakan smartphone saat pengisian berlangsung dan yang terjadi lama kelamaan baterai menjadi boros. Jika memang sahabat tipsandronesia ingin memiliki baterai smartphone yang tahan lama maka hindari penggunaan smartphone saat sedang di charge. Namun untuk sekali-kali mengirim pesan tidak masalah, asalkan tidak di gunakan untuk hal-hal yang memberatkan kinerja HP seperti bermain game misalnya.

- Segera Lepas Ketika Baterai Penuh 100%
Kebalikan dari low-bat tadi, jika baterai sudah penuh dan terdapat perintah untuk melepas charge maka segera lepas charge tersebut dari port smartphone. Dengan begitu baterai tidak perlu terbebani dengan daya masuk yang tidak tahu harus di letakkan di mana mengingat dayanya sudah penuh. Membiarkan baterai penuh dalam tempo lama bisa berbahaya, tidak hanya untuk baterai namun juga membahayakan smartphone bahkan pengguna. Selain itu pastikan jika melepas pengisian ketika daya baterai sudah benar-benar penuh, melepas baterai dengan daya kurang dari 100% membuat baterai mudah boros.

2. Matikan Notifikasi

Notifikasi atau pemberitahuan pada umumnya berkaitan dengan aplikasi-aplikasi online yang real time membutuhkan internet, semisal aplikasi chatting dan game. Pasalnya setiap notifikasi yang akan di tampilkan sudah pasti ada kaitannya antara aplikasi dengan internet serta apa yang terjadi di dalam aplikasi itu sendiri. Dari hal tersebut sudah pasti daya baterai akan di serap meskipun dalam skala yang kecil, yang menjadi masalah bukan kecilnya daya yang di keluarkan di setiap notifikasi, namun banyakanya notifikasi yang harus di tampilkan. Jika memiliki 5 aplikasi chatting di tambah 5 game tentu cukup memberatkan baterai. Untuk itu hindari notifikasi yang tidak penting, cukup aktifkan notifikasi yang kiranya wajib terutama dalam hal notifikasi.

3. Turunkan Kecerahan Layar

Kecerahan layar menjadi salah satu faktor yang perlu di perhatikan, karena penggunaan yang kurang bijak akan membuat baterai smartphone cepat habis. Dalam hal ini gunakan kecerahan layar sesuai kebutuhan anda, semisal di gunakan di ruangan yang cerah maka bisa menggunakan kecerahan di atas 50%, namun jika berada di ruangan gelap bisa menggunakan kecerahan di angka 20-30% saja. Jika memang sedang tidak berada di satu tempat misalnya sedang dalam perjalanan maka bisa mengaktifkan mode auto yang mana sensor dari smarphone akan menentukan dengan bijak kecerahan yang di butuhkan.

4. Matikan Koneksi Wifi

Ketika anda berada di luar jangkauan Wifi maka konktifitas wifi anda wajib di nonaktifkan, tentu saja hal ini bertujuan untuk menjaga baterai tetap tahan lama. Pada dasarnya jaringan nirkabel seperti wifi cukup menguras daya baterai sehingga perlu kebijakan dalam menggunakannya. Jika memang perlu, cukup gunakan jaringan internet data seperti 3G atau 4G walaupun sebenarnya tidak ada perbedaan berarti. Cukup gunakan wifi ketika smarphone benar-benar berada di jangkauan radius wifi. Karena jika tidak, smartphone akan mencari sinyal wifi terdekat yang mana hal ini tentu cukup menguras baterai.

5. Matikan Sinyal GPS

Percaya atau tidak, penggunaan GPS sangat menguras baterai bahkan membuat smartphone mudah sekali panas, apalagi jika di gunakan berjam-jam. Cukup gunakan GPS ketika memang benar-benar di butuhkan semisal mencari tujuan, tempat atau lokasi dari suatu daerah tertentu.

Banyak aplikasi yang membutuhkan GPS, hal tersebut tentu untuk mendapatkan lokasi yang akurat dari lokasi kita berada. Jika memang tidak perlu, lebih baik jangan menginstall aplikasi yang membutuhkan GPS. Intinya gunakan seperlunya saja.

6. Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Cara agar baterai tahan lama selanjutnya yakni dengan memanajemen aplikasi dengan baik. Menutup aplikasi merupakan langkah tepat untuk menghemat daya baterai, karena aplikasi yang terbuka meskipun tidak di gunakan tetap saja membutuhkan konsumsi baterai. Dalam hal ini anda bisa mengatur aplikasi yang tidak perlu dengan cara masuk ke Setting, pilih Apps, lalu ke Running Service. Pilih mana aplikasi yang tidak terpakai. Sebagai catatan, setiap smartphone memiliki cara yang berbeda meskipun intinya sama.

Jika aplikasi tersebut memang jarang di gunakan bahkan sudah tidak perlu lagi, alangkah baiknya jika di Uninstall saja. Karena selain mengurangi beban baterai juga mengurangi beban dari prosessor dan RAM smartphone.

7. Bijak Dalam Mengelola Data Internet

Internet memang tidak bisa di lepaskan dari kehidupan kita para pengguna smartphone, karena tujuan utama kita memiliki smartphone ialah mudahnya dalam mengakses internet. Namun dalam hal ini, anda perlu bijak dalam menggunakan internet. Cukup gunakan internet seperlunya saja, jangan terlalu sering mengakses internet apalagi untuk tujuan negatif. Usahakan mengakses internet menggunakan jaringan 3G HSDPA atau jaringan wifi jika memang tersedia. Penggunaan jaringan LTE 4G memang secepat kilat, namun cukup menguras daya baterai smarphone anda.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, cukup gunakan wifi ketika dalam radius jangkuan, karena jika tidak fitur konektifitas wifi bisa menguras baterai anda.

8. Matikan Syncronisasi Otomatis

Mematikan syncronisasi perlu di lakukan jika memang di rasa tidak perlu di syncron secara otomatis. Caranya pun sangat mudah, masuk saja ke menu setting dan pilih Account and Sync. Cara ini "katanya" terbukti efektif dalam menghemat baterai, karena mempu mengurangi penggunaan baterai di saat aplikasi sedang melakukan syncronisasi pada aplikasi yang sedang di instal.

9. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Jalan keluar terakhir yang kami rekomendasikan ialah menggunakan aplikasi penghemat baterai. Namun dalam hal ini bukan berarti aplikasi penghembat baterai bisa membuat baterai anda lebih tahan lama, karena bagaimanapun juga aplikasi pasti membutuhkan daya untuk menjalankannya. Tujuan utama dalam menginstal aplikasi ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang harus di lakukan untuk menghemat baterai, karena di dalam aplikasi ini terdapat monitoring yang cukup membantu anda dalam menggunakan baterai dengan bijak. Beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan ialah DU Battery Saver dan Avast Battery Saver.
Baca Juga : Cara Dapat Stiker BBM Gratis 100% Tanpa Root dan Mod
Itulah 9 cara yang bisa di coba untuk memaksimalkan kinerja baterai dan meminimalisir kerusakan pada baterai smartphone. Memang kerusakan bisa saja terjadi karena hal lain, hanya saja dengan menerapkan cara di atas paling tidak kita sudah berusaha menjaga keawetan baterai smarphone. Cukup sekian yang dapat kami bagikan di kesempatan kali ini, jangan lupa share artikel ini jika memang bermanfaat. Terimakasih sudah membaca ulasan Tips Agar Baterai Smartphone Android Tahan Lama.
Raditz KilmZ

Raditiya, Seorang Anak Muda Yang Suka Berbisnis Online, Anime, Gaming, Menulis dan Berbagi Informasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »