Cara Ampuh Menghapus Cache di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara Membersihkan Cache di HP Android Tanpa Aplikasi - Smartphone android saat ini menjadi barang yang sangat populer di kalangan masyarakat, kita sebagai pengguna smartphone bisa mengunduh ribuan aplikasi di playstore gratis tanpa di pungut biaya sekalipun. Inilah yang menjadi andalan sistem operasi android, menawarkan banyak aplikasi dengan gratis dan bisa di unduh sepuasnya, meskipun ada beberapa aplikasi yang juga berbayar. Banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan di android, mulai dari game, tutorial, informasi, berita sampai media sosial yang sangat menguras cache atau memori internal dari smartphone kita.

Cara Ampuh Menghapus Cache di HP Android Tanpa Aplikasi

Jika di hitung hingga saat ini, mungkin sudah ada ratusan ribu aplikasi android yang beredar di pasaran, karena para mahasiswa pun ternyata juga banyak yang mengembangkan aplikasi android sendiri. Pada umumnya kita sebagai pengguna smartphone pasti menginstal aplikasi seperti browser, media sosial apps dan game.

Pernah tidak saat asik menggunakan smartphone tiba-tiba smartphone menjadi lemot atau bahkan panas? pasti sering mengalami hal tersebut, apalagi bagi kita yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi standar-standar saja. Sedangkan untuk smartphone sekelas Samsung Galaxy S8 rasanya mustahil mengalami hal tersebut.

Sebagai pengguna android, kita memang tidak ingin smartpone menjadi lelet. Padahal itu semua karena kecerobohan kita dalam mengistal aplikasi, dimana kita menginstal aplikasi yang berlebihan untuk spesifikasi smartphone kita. Terlalu banyak aplikasi tentu membuat smartphone memiliki banyak cache yang menyebabkan memori terkuras. Cache sendiri adalah data pada aplikasi android yang apabila di biarkan menumpuk akan membuat smartphone menjadi lambat, padahal cache sendiri bisa di katakan tidak penting sehingga perlu di hapus.

Baik, untuk mengatasi masalah seperti ini, banyak sekali cara yang bisa di lakukan. Mulai dari mendownload aplikasi pihak ke 3 sampai menghapusnya secara manual di pengaturan. Dan di kesempatan kali ini tipsandronesia akan membagikan cara menghapus cache tanpa aplikasi. Mengapa tanpa aplikasi? ya karena menambah aplikasi sama saja dengan menambah cache pada smartphone kita. Baiklah ikuti langkah simplenya berikut ini.

Cara Ampuh Menghapus Cache di HP Android Tanpa Aplikasi


1. Masuk Ke Setelan/Setting Lalu Masuk Ke Apps


2. Selanjutnya cari aplikasi yang ingin di bersihkan cachenya. Sebagai contoh saya akan menghapus cache dari aplikasi Instagram.


3. Setelah masuk ke App Instagram, pilih Storage.


4. Setelah itu pilih Clear Cache dan tunggu sampai proses selesai.


5. Selesai dan Anda bisa menghapus cache dari aplikasi lainnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Handphone Yang Terkena Air Agar Tidak Rusak

Sekedar informasi, setiap smartphone memiliki bahasa yang berbeda, namun intinya sama. Jadi sesuaikan dengan smartphone dan bahasa masing-masing. Contoh di atas di ambil dari smartphone Sony Xperia. Cukup sekian yang dapat kami bagikan semoga informasi ini bisa bermanfaat, terimakasih sudah menyimak cara ampuh menghapus cache hp android.
Raditiya

Raditiya, Seorang Anak Muda Yang Suka Berbisnis Online, Anime, Gaming, Menulis dan Berbagi Informasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »