7 Aplikasi Islami Untuk HP Android Gratis dan Terbaik

7 Aplikasi Islami Gratis Untuk Android - Teknologi terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan dalam setiap sisi kehidupan. Berbagai macam aktifitas makin mudah dikerjakan dengan dukungan teknologi yang ada. Jika dalam dasa warsa silam teknologi handphone hanya sebatas digunakan untuk alat komunikasi, maka kini telah berubah manfaatnya menjadi lebih luas. Handphone telah menjadi kawan sejati yang menemani segala macam aktifitas harian manusia.

7 Aplikasi Islami Untuk HP Android Gratis dan Terbaik

Khusus umat Islam, kehadiran teknologi smartphone mampu menjawab kebutuhan akan kemudahan dalam rangka beribadah dan belajar wawasan dunia Islam. Kini telah banyak beredar aplikasi Islami yang dapat diunduh dan dimainkan secara gratis melalui handphone. Khususnya smartphone yang menggunakan sistem operasi berbasis android, sangat banyak sekali aplikasi Islami yang tersedia dan bisa di unduh secara gratis di Playstore.

Namun demikian, banyaknya aplikasi Islami android yang beredar justru membuat kita bingung mana yang harus dipilih. Untuk itu, di kesempatan kali ini tipsandronesia memberikan rangkuman aplikasi Islami android terbaik yang dapat dijadikan pertimbangan untuk diunduh. Deretan aplikasi Islami ini telah dipilih sesuai kualitas ragam fitur, user friendly, dan ringan saat diakses. Langsung saja ikuti ulasannya berikut ini.

7 Aplikasi Islami Gratis Untuk Android Saat Ini


1. Aplikasi Sholat

aplikasi sholat android

- Waktu Shalat
Aplikasi ini memanjakan pengguna dimanapun berada. Sebab waktu shalat akan otomatis terbarukan meski pengguna berpindah-pindah tempat. Juga tedapat lantunan kumandang adzan saat waktu shalat telah tiba. Juga terdapat fitur kompas arah kiblat. Dengan begitu anda tidak perlu ketinggalan waktu sholat dengan adanya aplikasi ini.

- Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla
Aplikasi yang memuat daftar waktu shalat lengkap sebagai pengingat saat waktu shalat telah tiba. Fitur tambahannya adalah terdapat kompas sebagai penunjuk arah kiblat. Sangat berguna jika berada di tempat asing atau saat di luar kota.

- Alarm Adzan Sholat dan Kiblat
Sama seperti aplikasi pengingat waktu shalat yang lain. Anda juga dapat mengatur secara bebas alarm saat waktu shalat telah tiba. Didukung dengan aplikasi ayat Al Qur’an Bookmark yang dapat dipakai untuk mengingat ayat terakhir yang dibaca saat tadarus.

2. Aplikasi Al Qur’an

aplikasi Al Quran android

- MyQuran
Aplikasi terbaik buatan anak bangsa ini telah mendapat sertifikat secara resmi dari Kementrian Agama Republik Indonesia, sehingga telah teruji. Dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia yang sangat cocok bagi Anda warga muslim Indonesia. Aplikasi ini juga bisa dijadikan sarana untuk pembelajaran Al Qur’an yang mudah dipahami. Tanda-tanda tajwid yang eye catching yang disediakan memudahkan siapa saja yang membacanya.

- Quran Android
Aplikasi Quran Android menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk membaca Al Qur’an. Dimana selain lengkap memuat 30 juz, juga disertai dengan tampilan nama-nama surat serta penanda ayat terakhir yang dibaca. Sehingga sangat fleksibel pemakaiannya. Selain itu terdapat fitur mengulang ayat bagi Anda yang sedang belajar menghafal Al Qur’an.

3. Aplikasi Hadits Pilihan

aplikasi Hadits android

- Sahih Al Bukhari (Indonesia)
Tak dapat dipungkiri, bahwa hadits-hadits dalam kitab Shahih Bukhari telah diakui sebagai kumpulan hadits shahih oleh para ulama. Sehingga keberadaannya menjadi tambahan wawasan dan ilmu tentang keislaman yang wajib dimiliki. Dan kini telah hadir aplikasi khusus yang memuat semua hadits yang terdapat dalam kitab Shahih Bukhari lengkap dengan transliterasinya dalam bahasa Indonesia. Anda tidak perlu lagi menenteng buku kitab Shahih Bukhari yang tebal saat harus membacanya. Cukup mengunduh aplikasinya dan menginstallnya.

- Ensiklopedi Hadits 9 Imam
Inilah aplikasi hadits terlengkap yang wajib Anda miliki. Memuat kumpulan lebih dari 62 ribu hadits dari imam perowi hadits terkenal, yakni Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah dan lain-lain. Lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia dan Arab. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan koleksi hadits qudsi dan memuat derajat tingkat keshahihan pada masing-masing hadits yang diriwayatkan. Aplikasi ini adalah pengembangan dari situs resmi Lidwa Pusaka. Desain tampilan yang enak dilihat menjadi tambahan kualitas tersendiri dari aplikasi ini. Fitur unggulan dalam aplikasi ini adalah terdapat fitur pencarian yang memudahkan bagi pengguna yang sedang mencari hadits tertentu. Selain itu juga terdapat indeks hadits serta hadits terkait pada bahasan tema yang ditampilkan. Aplikasi ini wajib Anda miliki sebagai bahan pembelajaran hadits super lengkap.

- An-Nawawi 40 Hadiths
Aplikasi ini memuat kumpulan hadits karangan imam Nawawi yang sangat terkenal dan menjadi rujukan dalam memahami dasar-dasar kaidah pokok keislaman. Jumlahnya 40 hadits. Dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris. Tampilan yang sederhana membuat aplikasi ini mudah dipahami.

4. Aplikasi Kumpulan Doa

aplikasi Kumpulan Doa android

- Doa dan Dzikir setelah Sholat
Aplikasi doa dan dzikir adalah aplikasi tambahan bagi umat Islam agar senantiasa tetap dekat dengan Allah SWT dalam setiap keadaan apapun. Khususnya doa dan dzikir setelah shalat yang merupakan waktu terbaik dan mustajabah. Rincian keutamaan, terjemah bahasa Indonesia serta doa shalat sunah dan shalat fardlu menjadi fitur pendukung aplikasi ini.

- Kumpulan Doa Terlengkap
Aplikasi ini memuat kumpulan doa-doa yang bisa dibaca dalam kondisi apapun dari sejak bangun tidur hingga beranjak tidur kembali. Dilengkapi dengan penjelasan waktu dan tempat terbaik untuk berdoa. Serta terdapat pula bacaan doa dan dzikir saat menjalankan haji dan umroh.

- Apa Doanya :  Doa & Dzikir
Aplikasi doa ini sangat memanjakan pengguna. Anda bisa mencari doa dan dzikir yang Anda inginkan dalam sekali sentuh. Selain itu terdapat fitur doa favorite yang bisa kapan saja diakses dengan mudah. Ukuran font yang dapat diatur sedemikian rupa juga mempermudah pemakaian aplikasi ini.

5. Aplikasi Belajar Islam

aplikasi belajar Islam android

- Islam Menjawab
Dengan memakai aplikasi ini, Anda akan disuguhi informasi tentang keislaman yang termuat dalam bentuk Tanya Jawab. Terdapat lebih dari 2000 tanya jawab yang telah mewakili sebagian besar ilmu tentang Islam yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah.

- Resala Ramadan
Khusus bulan Ramadhan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Resala Ramadhan ini untuk mengetahui segala hal ihwal seputar pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dengan benar. Dilengkapi dengan hukum kekinian yang terkait dengan bulan Ramadhan.

- Belajar Al Quran
Manfaatkan aplikasi ini untuk mempelajari Al Qur’an. Aplikasi ini bisa dipakai untuk segala umur, dari anak-anak hingga orang dewasa. Penjelasan mengenai hukum-hukum tajwid yang sederhana membuat aplikasi ini mudah dipahami. Didukung pemakaian bahasa Indonesia dan Inggris.

- Tashrif
Aplikasi ini dipakai untuk Anda yang ingin mempelajari Bahasa Arab. Hanya sekali klik, aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk menampilkan perubahan kata dalam bahasa Arab, yang dikenal dengan shorof atau tashrifiyah.

6. Aplikasi Anak Islam

aplikasi anak Islam android

- Muslim Kids Series
Aplikasi yang baik untuk memberikan pembelajaran anak seputar tata cara wudlu dan doa sehari-hari. Desain tampilan yang menarik dan penuh warna menjadi daya tarik bagi anak-anak. Disediakan dalam bahasa Indonesia, Inggris dan bahasa Arab.

- Kuis Islam
Aplikasi ini menjadi contoh pembelajaran interaktif bagi anak-anak. Mereka akan diajak belajar tentang dasar ilmu Islam seperti rukun Islam, rukun iman, sejarah nabi dan tokoh Islam dan masih banyak lagi.

7. Aplikasi Wawasan/Berita Dunia Islam

Aplikasi Wawasan Islam

- Berita Umat Islam
Inilah aplikasi yang patut Anda coba untuk mengetahui informasi terkini seputar dunia Islam dalam genggaman. Terdapat lebih dari 50 situs berita Islam di dalamnya. Termasuk situs resmi milik MUI dan Kementrian Agama Republik Indonesia.

- VoA Islam
Aplikasi ini adalah pengembangan dari situs resmi VoA Islam yang menyajikan berita seputar dakwah dan perjuangan umat Islam di seluruh penjuru dunia. Anda tidak perlu lagi mengakses melalui browser, namun hanya sekali klik dengan aplikasi ini.

PENUTUP :
Menjadi insan religius bukanlah hal yang sulit. Segala macam sarana sudah tersedia. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Mari kita sama-sama berbuat baik terlebih di bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba.
Baca Juga : 9 Jenis Aplikasi Android Yang Wajib Anda Miliki
Demikian deretan aplikasi Islami terbaik untuk Android yang dapat Anda gunakan. Selain beberapa contoh aplikasi Islami di atas, sebenarnya masih banyak sekali aplikasi Islami yang bisa anda unduh di Playstore. cukup sekian kiranya semoga bermanfaat referensi aplikasi Islam terbaik di android.
Raditiya

Raditiya, Seorang Anak Muda Yang Suka Berbisnis Online, Anime, Gaming, Menulis dan Berbagi Informasi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »